Kamis, 21 Juni 2012

Tips Cerdas Menjaga Mata Dari Pengaruh Komputer





1. Atur tempat bekerja dengan benar.

Selalu bekerja di tempat yang terang, tidak bekerja di ruangan gelap. Tempatkan komputer di tempat yang sesuai, agar cahaya yang dihasilkan layar komputer tidak mengganggu mata. Tentukan juga jarak optimal dari layar komputer dengan posisi kamu. Ingat selalu bahwa monitor harus berada sedikit di bawah pandangan mata. Miringkan layar agak jauh dari posisi kamu. Pastikan kontras monitor sesuai alias tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap dan jaga layar computer kamu bersih dari debu dan cap jari. Jika kamu tidak dapat melihat ikon pada layar atau symbol pada layar komputer dengan baik, buatlah tampilan tersebut lebih besar. Jangan paksa matamu untuk melihatnya.

2. Istirahat sejenak saat bekerja.

Beristirahatlah sejenak saat menggunakan komputer. Penglihatan itu lebih penting. Istirahatlah pada tiap satu atau setengah jam sekali. Semakin sering beristirahat, semakin baik untuk kesehatan mata. Sisakan 5 menit setiap 30 menit atau 10 menit untuk melihat sebuah objek yang jauh dan lebih bagus lagi kalau objek yang kamu lihat itu adalah objek yang berwarna hijau. Atau bangun dan lakukan gerakan ringan selama beberapa menit.

3. Lakukan senam mata khusus.

Mungkin kedengarannya agak freak atau aneh bin rumit, tapi sebenarnya cukup mudah dan tidak mubutuh waktu lama. Selain itu, kau bisa melakukan latihan untuk mata di mana pun kamu inginkan, termasuk di tempat kerjamu.

4. Lakukan gerakan palming

Teknik yoga ini dapat membantu sistem saraf rileks dan menjaga penglihatan. Gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat. Kemudian tutup mata dengan telapak tangan. Pastikan jari-jarimu menyentuh dahi. Rasakan perasaan tenang dan pikirkan sesuatu yang membuatmu merasa bahagia ketika melakukannya. Tetap dalam posisi ini selama mungkin, waktu minimum melakukan gerakan ini adalah selama 30 detik. Waktu optimalnya adalah 4 menit, tetapi jika masih membutuhknanya lakukanlah sesukamu.

5. Berkediplah lebih sering.

Ketika orang memandang sesuatu termasuk monitor untuk waktu yang lama, mereka cenderung jarang berkedip. Hal ini dapat membuat mata kering dan iritasi. Jadi, berkediplah sesering mungkin ketika bekerja di depan komputer. Tapi kedipannya yang wajar juga lah, jangan terlalu over atau lebay.

6. Gunakan obat tetes mata.

Tetes mata mempunyai peran besar untuk membuat mata kamu basah, kalau kamu lupa untuk berkedip dan mata kamu terlalu kering. Kunjungi dokter untuk menentukan tetes mata terbaik untuk kamu.

7. Gunakan kacamata

Berada di depan monitor computer dalam waktu lama juga dapat membuat orang sakit kepala, ada baiknya untuk menggunakan kacamata baca dalam penggunaan computer agar supaya cahaya computer tidak langsung bersentuhan dengan lensa mata. Fungsi dari penggunaan kacamata ini mungkin tidak terlalu sering diperbincangkan, namun ini sangat penting dan memiliki pengaruh yang baik untuk kamu yang betah berlama-lama di depan layar computer.

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baik dan bijaksananya anda jika sebelum menutup halaman ini meninggalkan pesan yang berkesan bagi penulis, komentar anda sangat berarti bagi penulis.