Rabu, 06 Juni 2012

5 Teknologi Hebat Yang Terlupakan


1. Disket Floppy

Klik, bunyi inilah yang pertama kali terdengar ketika memasukkan disket yang berukuran 5,25 inci ke dalam computer. Saat ini, tentu saja disket 5,25 inci sudah tergantikan oleh flash disk yang ukurannya bahkan lebih kecil dari korek gas. Alat ini telah membantu membuat disket raksasa berbentuk kotak itu menjadi usang. Dan kalau anak SD di zaman ini telah menjadi dewasa, pastinya disket 5,25 inci sudah jadi artifak bagi mereka atau bahkan bisa saja ada anak yang nantinya akan berkata APAAN NIh ???!!!

2. Telepon Putar

Untuk bisa menghubungi sebuah nomer telepon, kita tidak memasukkan nomer tujuan dengan cara menekan tombol. Caranya jari kita harus memutar tiap angka yang dituju. Melelahkan, tapi tentu saja belum ada pilihan lain. Kalau kalian mau melihat penampila telpon yang seperti ini, kalian bisa melihatnya di film yang dibintangi oleh 3 tokoh humoris yang pernah ada di Indonesia yaitu DONO KASINO INDRO alias WARKOP DKI, banyak penampakan dari telpon ini muncul dalam setiap sekuel di film-film tersebut. Tapi dari alat inilah inspirasi untuk menciptakan HP berawal.


3. Radio Antik

Dengungan bernada tinggi dan statis. Musik yang samar-samar terdengar. Hal tersebut muncul ketika Anda mencari frekuensi radio AM secara manual. Dan kini, suara tersebut telah menjadi sesuatu begitu langka terdengar. Dan dari alat inilah, inspirasi untuk membuat Ipod dan MP3 Player berawal.

 



4. Mesin Tik

Mungkin inilah yang memberikan inspirasi kepada Steve Jobs dan Bill Gates untuk menciptakan computer, mesin tik ini kini sudah jarang ditemukan keberadaannya saat ini, tapi penampakan dari alat ini masih bisa didapat disebagian universitas-iniversitas yang ada di Indonesia, kebanyakan yang menggunakan mesin tik ini adalah para mahasiswa yang bergelut di jurusan biologi, fisika dan matematika.

Mahasiswa dulu pastinya sangat kesulitan dan butuh kerja keras untuk membuat skripsi mereka karena mereka harus menggunakan alat ini, tapi coba bandingkan dengan mahasiswa sekarang, mereka sudah tidak membawa mesin tik kemana-mana lagi, cukup Notebook atau Laptop yang mereka tenteng kesana kemari. Hufftttt….kebayang rasanya gimana mahasiswa zaman dulu kalo lagi tenteng mesin tik. Hahahha....
 
5. Video Game Konsol
 
Video game tidak selalu memiliki musik latar. Cobalah permainan Pong orisinil pada konsol Atari. Anda tidak akan mendengar musik. Dalam permainan itu, hanya ada sedikit efek suara ditambah kesunyian. Dan untuk ukuran zaman sekarang, ini tentu sesuatu yang aneh. Suara punya kemampuan yang ajaib. Mendengar derum mobil tua atau suara kelebatan bola api dari film fiksi, bisa membuat orang merasa kembali ke masa lalu.

 

0 komentar:

Posting Komentar

Alangkah baik dan bijaksananya anda jika sebelum menutup halaman ini meninggalkan pesan yang berkesan bagi penulis, komentar anda sangat berarti bagi penulis.